Minggu, 20 Maret 2016

BAB V Pengungkapan dan Pelaporan Akuntansi Internasional (Bagian 2)

Pengungkapan khusus bagi pengguna laporan keuangan Non-domestik dan prisnsip akuntansi yang digunakan

Laporan tahunan bisa meliputi pengungkapan khusus untuk mengakomodasi pengguna laporan keuangan non-domestik. Pengungkapan tersebut meliputi 1.laporan ulang yang mudah ,tentang informasi keuangan ke dalam mata uang asing,2.pembahasan perbedaan antara prinsip akuntansi yang digunakan dalam laporan keuangan utama dan beberapa ketetapan prinsip akuntansi lainnya.3.posisi dan laporan keuangan ulang terbatas di ketetapan standar akuntansi yang kedua,dan 4.sebuah laporan keuangan disiapkan yang berhubungan dengan ketetapan prinsip akuntansi kedua.dinegara dimana bahasa inggris adalah bukan bahasa utama ,banyak perusahaan yang menerjemahkan seluruh laporan keuangan mereka kedalam bahasa inggris daripada bahasa negaranya. Juga,beberapa perusahaan mempersiapkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi lebih bisa diterima daripada standar domestik (utamanya IFRS atau GAAP AS),atau yang sesuai dengan standar domestik dan sesuai dengan ketetapan prinsip akuntansi yang kedua.

Pengungkapan pengelolaan masyarakat
Pengeloaan perusahaan berhubungan dengan sarana internal dimana perusahaan dijalankan atau dikendalikan-tanggung jawab,akuntabilitas,hubungan diantara pemegang saham,anggota direksi,dan manajer yang disusun supaya mencapai sasaran perusahaan. Dengan kata lain, pengelolaan perusahaan adalah sistem dimana perusahaan diarahkan dan dikendalikan.diantara permasalahan pengelolaan perusahaan adalah hak dan perlakuan pemegang saham,pertanggung jawaban direksi,pengungkapan dan transparansi, dan peran pemegang saham
Dallas memberikan sebuah rancangan kerja untuk memahami dan menilai pengelolaan perusahaan disebuah negara diantaranya :
-          Infrastruktur pasar
-          Lingkungan hukum
-          Lingkungan peraturan
-          Infrastruktur informasi
Kerangka kerja pengelolaan perusahaan harus memastikan bahwa pengungkapan akurat dan tepat waktu dibuat untuk semua permasalahan menyangkut perusahaan,termasuk kondisi keuangan,performa,kepemilikan,dan pengelolaan perusahaan.
A.    Pengungkapan harus mencakup, tetapi tidak terbatas pada materi informasi:
1.      Hasil keuangan dan usaha perusahaan.
2.      Sasaran perusahaan.
3.      Kepemilikan saham mayoritas dan hak voting.
4.      Kebijakan pembayaran gaji bagi anggota direksi dan eksekutif utama.
5.      Transaksi dengan pihak terkait.
6.      Faktor risiko terduga.
7.      Isu-isu menyangkut pegawai dan pegang saham lainnya.
8.      Struktur dan kebijakan pemerintah
B.     Informasi harus disiapkan dan diungkap sesusai dengan standar kualitas tinggi akuntansi dan keuangan dan pengungkapan non-finansial.
C.     Audit tahunan harus dilaksanakan oleh pihak independen,kompeten, dan auditor bermutu dalam rangka untuk memberikan sebuah sasaran eksternal dan asuransi untuk direksi dan pemegang saham dimana laporan keuangan memperlihatkan kedudukan dan performa keuangan dengan wajar dari perusahaan dalam sebuah aspek
D.    Auditor dari pihak luar sebaiknya bisa bertanggung jawab kepada pemegang saham
E.     Saluran untuk menyebarkan informasi harus seimbang,tepat waktu,dan dapat diakses oleh pengguna dengan biaya efisien
F.      Rancangan kerja pengelolaan perusahaan harus dilengkapi dengan sebuah pendekatan efektif yang mengarah dan mengangkat ketentuan analisis atau nasihat dari analisis,broker,agen rating dan lainnya.
Pengungkapan pengelolaan volvo
Struktur perusahaan dalam pengelolaan perusahaan
Pemerintah dan pengendalian di volvo group dijalankan oleh sejumlah struktur perusahaan.
Hukum pengelolaan perusahaan swedia
Volvo menerapkan hukum pemerintahan perusahaan swedia. Antara 1 juli 2005 dan 31 desember 2005 volvo tidak mengubah hukumnya dari ketentuan hukum yang telah diterapkan selama periode ini.
            Laporan pemerintahan perusahaan ini telah diuji oleh auditor perusahaan.
Komisi pemilihan
Komisi pemilihan adalah lembaga para pemegang saham yang bertanggung jawab untuk mengirimkan nama-nama kandidat ketua dan anggota direksi lainnya pada rapat umum tahunan,pembiayaan dibayarkan dengan disalurkan kepada ketua,anggota direksi lain dan renumerasi kerja komisi direksi.
              Bersama dengan komisi pemilihan mengajukan kandidat untuk ketua dan jajaran anggota direksi lainnya,komisi pemilihan harus memberi pendapat apakah semua orang yang diajukan itu dianggap sebagai pihak independen dan diluar dari manajemen perusahaan seperti pemegang saham perusahaan.
             Komisi pemilihan yang telah ditunjuk pada rapat umum tahunan volvo tahun 2005,yang terdiri atas ketua finn johnsson,lars idermark,mewakili second swedish national pension fund,marianne nilsson,mewakili robur funds,curt kallstromer,mewakili svenska handelsbanken dan thierry moulonget,mewakili raenault SA. Komisi pemilihan secara internal memilih lars idemark sebagai ketua. Pekerjaan komisi pemilihan diatur oleh intruksi yang disetujui dalam rapat umum tahunan volvo tahun 2005.
               Proposal komisi rapat umum tahunan 2006 akan tersedia di situs volvo
Direksi
Pada tahun 2005, Direksi Direktur Volvo terdiri atas delapan anggota yang dipilih dalam rapat umum tahunan. Sebagai tambahan,direksi memiliki tiga anggota dan dua deputi anggota yang ditunjuk oleh organisasi pegawai. CEO, Leif johansson,adalah seorang anggota direksi.
                Direksi mengadakan enam kali rapat regular dan tiga kali rapat luar biasa pada tahun 2005
                 Direksi menggunakan prosedur kerja untuk kegiatannya yang berisi peraturan terkait pembagian kerja antara anggota direksi dan tugas pertemuan direksi,permasalahan di tangani saat rapat reguler direksi dan tugas diemban ketua.
                 Rapat umum tahunan memutuskan pembiayaan yang harus dibayarkan kepada anggota direksi dipilih oleh pemegang saham.rapat umum tahunan diselenggarakan pada 12 april 2005 dan menyetujui pembiayaan untuk direksi,sampai rapat umum tahun berikutnya,SEK 4.775.000. Biaya tersebut disalurkan kepada semua anggota direksi. Ketua direksi menerima pembayaran SEK 1.350.00, anggota yang tersisa menerima total SEK 2.700.000 yang harus didistribusikan semua anggota direksi sebagai keputusan. Sebagai tambahan,ketua komisi audit menerima SEK 250.000 dan dua anggota komisi audit lainnya menerima SEK 125.000 per anggota dan masing-masing anggota komisi renumerasi menerima SEK 75.000
                  Selama masa ini,direksi mengulas rencana dan strategi bisnis untuk berbagai macam bisnis di volvo group. Sebagai tambahan juga, direksi membahas posisi keuangan AB volvo dan volvo group secara reguler dan dilaksanakan untuk memastikan bahwa ada sistem efisien untuk mengikuti dan mengontrol bisnis dan posisi keuangan volvo group.
                    Pekerjaan direksi utamanya dijalankan melalui rapat direksi dan rapat direksi dengan komisi terkait. Sebagai tambahan, ketua direksi secara teratur berhubungan dengan CEO untuk membahas bisnis yang sedang berjalan dan untuk memastikan bahwa keputusan yang diambil oleh direksi tealah dilaksanakan.
                    Perhitungan untuk masing-masing anggota direksi adalah umur,pendidikan,pengalaman bekerja,keanggotaan direksi lain,kepemilikan saham di volvo dan tahun keanggotaan dalam direksi volvo.
                    Selama tahun 2005,direksi melakukan evaluasi tahunan kinerja direksi. Laporan tertulis telah diserahkan kepada komisi pemilihan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar