Rabu, 09 Januari 2013

definisi bisnis 3


1.apa yang dimaksud dengan bisnis?
bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan. kata bisnis dari bahasa Inggris business, yaitu kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu maupun komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan yang bayak.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
2.jelaskan definisi bisnis menurut 10 pakar di dunia?
Mahmud Mach Foedz
-Bisnis adalah perdagangan yg dilakukan oleh sekelompok orang yg terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Brown dan Petrello
-Bisnis adalah suatu lembaga yg menghasilkan barang dan jasa yg dibutuhkan masyarakat.apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnispun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

Steinford
-Bisnis adalah aktifitas yg menyediakan barang atau jasa yg diperlukan oleh konsumen yg memiliki badan usaha, maupun perorangan yg tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti, pedagang kaki lima yg tidak memiliki surat izin tempat usaha.

Hughes dan Kapoor
-Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yg terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang jasa guna mendapatkan keuntungan.

Mussleman dan Jackson
-Bisnis adalah suatu aktifitas yg memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan di organisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.

Allan Affuah
-Bisnis merupakan sekumpulan aktiftas yg dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasi berbagai sunber daya menjadi barang/jasa yg diinginkan konsumen.



Glos, Steade dan Lawry
-Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yg diorganisir oleh orang2 yg berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yg menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.

Huat, T Chwee
-Bisnis dalam arti yg luas adalah istilah umum menggambarkan semua aktifitas dan institusi yg menproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehaari – hari.

-Bisnis adalah sekumpulan uang kecil yg dikelolah sekumpulan orang banyak sehingga berubah menjadi barang nyata.

-Bisnis adalah serangkain usaha yg dilakukan satu orang atau lebih individual atau kelomppok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan/laba.




3.jelaskan mengenai franchaising?
Waralaba/Franchising adalah pemberian hak operasi tertentu kepada perusahaan lain, namun perusahaan pemilik franchise tetap memiliki haknya. Perusahaan lain memiliki hak guna, sedangkan perusahaan pemilih franchise mempunyai hak milik.











4.berikan contoh bisnis internasional di Indonesia yg sedang maju saat ini dan jelaskan secara detail?
Dengan Slogan TV-nya yg berbunyi “No Tile Like It“, brand Essenza yang adalah produk keramik ini terdengar seperti import Italia. Namun ternyata produk ini Hasil Anak Negeri. Di bawah naungan PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk, Essenza telah berhasil dieksport ke Italia, Usa, Singapura sampai ke 25 negara. Sekarang Essenza cukup bernama di dunia untuk keramik 60 x 60cm.
Berbicara tentang keramik, rasanya kurang lengkap kalau tak menyebut Essenza. Inilah produk keramik Indonesia yang mampu menembus Uni Eropa (UE), pasar yangdikenal rewel dalam urusan kualitas. Kini Essenza sudah menembus 50 negara lebih. Bahkan dari total penjualan tahun lalu sebesar Rp.100 miliar, 60%-nya dikailkan dikolam ekspor. Intikeramik yang belum genap berusia 10 tahun, awalnya melempar 80% produknya di pasar dalam negeri dan sisanya diekspor. Dalam perjalanan waktu, porsi ekspornya terus meningkat terutama sejak 1997 ketika krisis mulai melulur pasar Indonesia. Untuk pasar luar negeri mulanya dibuka dengan membangun perwakilan di Singapura pada tahun 1997. kini mereka telah memiliki 4 perwakilan, Singapura untuk kawasan asia, Australia untuk negara-negara di lautan pasifik, AS untuk melayani masyarakat AS, Amerika Utara, Meksiko dan Kanada serta Italia untuk penetrasi ke pasar Uni Eropa.
Tidak jarang PT Intikeramik bekerjasama dengan biro riset asing, misalnya saat menembus pasar Australia, AS, dan Singapura. Yang juga tak kalah penting adalah dibidang promosinya. Essenza di negara Singapura diiklankan lewat media massa cetak dan televisi. Sedangkan di AS sendiri beriklan di Los Angeles Times.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHyT1r9jNn_QN7qs3UKuNniYTanndpSp-M-lbv-BsGu5aQKVYcQ1OtHCu1dGt7z82z-HAJQAorqzRwb4i7tG5GTHkZN5_dKcaHwghwsNPMRY0wkixkJykW4ycXyDC9uN5F24CkO6B5Sfw/s1600/00.JPG










5.jelaskan yg dimaksud dengan
a.perusahaan: adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
b.organisasi: merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
c.manajemen: sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
d.manjemen produksi: merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungna dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.


NAMA:PUTHUT WIDYATAMA.P
NPM:25212745
KELAS:1EB12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar