1.apa yang dimaksud dengan bisnis?
bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan. kata bisnis dari bahasa
Inggris business, yaitu kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks
individu maupun komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan yang bayak.Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
2.jelaskan definisi bisnis menurut 10
pakar di dunia?
Mahmud
Mach Foedz
-Bisnis adalah perdagangan yg
dilakukan oleh sekelompok orang yg terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan
memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Brown dan Petrello
-Bisnis adalah suatu lembaga yg
menghasilkan barang dan jasa yg dibutuhkan masyarakat.apabila kebutuhan
masyarakat meningkat, maka lembaga bisnispun akan meningkat pula
perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
Steinford
-Bisnis adalah aktifitas yg
menyediakan barang atau jasa yg diperlukan oleh konsumen yg memiliki badan
usaha, maupun perorangan yg tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha
seperti, pedagang kaki lima yg tidak memiliki surat izin tempat usaha.
Hughes dan Kapoor
-Bisnis ialah suatu kegiatan usaha
individu yg terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang jasa guna
mendapatkan keuntungan.
Mussleman dan Jackson
-Bisnis adalah suatu aktifitas yg
memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan di
organisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
Allan Affuah
-Bisnis merupakan sekumpulan
aktiftas yg dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan
mentransformasi berbagai sunber daya menjadi barang/jasa yg diinginkan
konsumen.
Glos, Steade dan Lawry
-Bisnis adalah jumlah seluruh
kegiatan yg diorganisir oleh orang2 yg berkecimpung dalam bidang perniagaan dan
industri yg menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan
memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
Huat, T Chwee
-Bisnis dalam arti yg luas adalah
istilah umum menggambarkan semua aktifitas dan institusi yg menproduksi barang
dan jasa dalam kehidupan sehaari – hari.
-Bisnis adalah sekumpulan uang kecil
yg dikelolah sekumpulan orang banyak sehingga berubah menjadi barang nyata.
-Bisnis adalah serangkain usaha yg
dilakukan satu orang atau lebih individual atau kelomppok dengan menawarkan
barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan/laba.
3.jelaskan mengenai franchaising?
Waralaba/Franchising adalah
pemberian hak operasi tertentu kepada perusahaan lain, namun perusahaan pemilik
franchise tetap memiliki haknya. Perusahaan lain memiliki hak guna, sedangkan
perusahaan pemilih franchise mempunyai hak milik.
4.berikan contoh bisnis internasional di Indonesia
yg sedang maju saat ini dan jelaskan secara detail?
Dengan Slogan TV-nya yg berbunyi “No Tile Like It“,
brand Essenza yang adalah produk keramik ini terdengar seperti import
Italia. Namun ternyata produk ini Hasil Anak Negeri. Di bawah naungan PT
Intikeramik Alamasri Industri Tbk, Essenza telah berhasil dieksport ke
Italia, Usa, Singapura sampai ke 25 negara. Sekarang Essenza cukup bernama di
dunia untuk keramik 60 x 60cm.
Berbicara tentang keramik, rasanya kurang lengkap kalau tak menyebut Essenza. Inilah produk keramik Indonesia yang mampu menembus Uni Eropa (UE), pasar yangdikenal rewel dalam urusan kualitas. Kini Essenza sudah menembus 50 negara lebih. Bahkan dari total penjualan tahun lalu sebesar Rp.100 miliar, 60%-nya dikailkan dikolam ekspor. Intikeramik yang belum genap berusia 10 tahun, awalnya melempar 80% produknya di pasar dalam negeri dan sisanya diekspor. Dalam perjalanan waktu, porsi ekspornya terus meningkat terutama sejak 1997 ketika krisis mulai melulur pasar Indonesia. Untuk pasar luar negeri mulanya dibuka dengan membangun perwakilan di Singapura pada tahun 1997. kini mereka telah memiliki 4 perwakilan, Singapura untuk kawasan asia, Australia untuk negara-negara di lautan pasifik, AS untuk melayani masyarakat AS, Amerika Utara, Meksiko dan Kanada serta Italia untuk penetrasi ke pasar Uni Eropa.
Tidak jarang PT Intikeramik bekerjasama dengan biro riset asing, misalnya saat menembus pasar Australia, AS, dan Singapura. Yang juga tak kalah penting adalah dibidang promosinya. Essenza di negara Singapura diiklankan lewat media massa cetak dan televisi. Sedangkan di AS sendiri beriklan di Los Angeles Times.
Berbicara tentang keramik, rasanya kurang lengkap kalau tak menyebut Essenza. Inilah produk keramik Indonesia yang mampu menembus Uni Eropa (UE), pasar yangdikenal rewel dalam urusan kualitas. Kini Essenza sudah menembus 50 negara lebih. Bahkan dari total penjualan tahun lalu sebesar Rp.100 miliar, 60%-nya dikailkan dikolam ekspor. Intikeramik yang belum genap berusia 10 tahun, awalnya melempar 80% produknya di pasar dalam negeri dan sisanya diekspor. Dalam perjalanan waktu, porsi ekspornya terus meningkat terutama sejak 1997 ketika krisis mulai melulur pasar Indonesia. Untuk pasar luar negeri mulanya dibuka dengan membangun perwakilan di Singapura pada tahun 1997. kini mereka telah memiliki 4 perwakilan, Singapura untuk kawasan asia, Australia untuk negara-negara di lautan pasifik, AS untuk melayani masyarakat AS, Amerika Utara, Meksiko dan Kanada serta Italia untuk penetrasi ke pasar Uni Eropa.
Tidak jarang PT Intikeramik bekerjasama dengan biro riset asing, misalnya saat menembus pasar Australia, AS, dan Singapura. Yang juga tak kalah penting adalah dibidang promosinya. Essenza di negara Singapura diiklankan lewat media massa cetak dan televisi. Sedangkan di AS sendiri beriklan di Los Angeles Times.
5.jelaskan yg dimaksud dengan
a.perusahaan: adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan
berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang
terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar
di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha
untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut
yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
b.organisasi: merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih
c.manajemen: sebuah proses perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara
efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan
perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara
benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
d.manjemen produksi: merupakan salah satu bagian dari bidang
manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk
mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan
yang berhubungna dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa
yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen
produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses
produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
NAMA:PUTHUT WIDYATAMA.P
NPM:25212745
KELAS:1EB12
NAMA:PUTHUT WIDYATAMA.P
NPM:25212745
KELAS:1EB12
Tidak ada komentar:
Posting Komentar